Visi Misi Desa

V I S I :

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penyusunan Visi Desa Karangaji ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak- pihak yang berkepentingan di Desa Karangaji seperti pemerintah Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, tokoh agama, lembaga masyarakat desa dan masyarakat desa pada umumnya. Pertimbangan kondisi eksternal di desa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di Kecamatan. Maka berdasarkan pertimbangan diatas Visi Desa Karangaji adalah :

‘‘ Mengabdi Dengan Setulus Hati Bagi Masyarakat Karangaji Dengan Ridlo Ilahi Robbi ’’

Visi tersebut diatas adalah ungkapan realistis dengan potensi yang ada di Desa Karangaji, diantaranya:

  1. Desa Karangaji adalah Desa Santri Desa pendidikanyang didukung dengan berdirinya 2 buah pondok pesantren, 1 Madrasah Ibtidaiyah, 1 buah Madrasah Tsanawiyah, 1 buah Madrasah Aliyah, ,1 Madrasah Diniyah, 4 kelompok pengajian majlis ta’lim yang berkembang di 1 Mesjid dan 18 Langgar/Mushola yang ada di Desa Karangaji.
  2. Potensi lembaga pendidikan baik formal maupun non formal tersebut mendidik, membina dan mengayomi serta penopang utama masyarakat Desa Karangaji dalam rangka meningkatkan kualitas pengetahuan, keimanan dan ketaqwaannya.
  3. Sumber daya manusia (SDM) yang merupakan faktor utama  dalam merealisasikan visi  yang dimiliki Desa Karangaji cukup berkualitas terlihat dari banyaknya warga masyarakat yang berkiprah baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten.
  4. Sumber daya alam (SDA) Desa Karangaji sangat melimpah, lahan pertanian yang membentang hijau sebagai salah satu pendukung mewujudkan visi tersebut.
  5. Pemerintah Desa, BPD, LPMD, PKK,Karang taruna, lembaga desa lainnya bersama masyarakat aktif dan dinamis bahu membahu membangun desa.

M I S I  

Selain Penyusunan Visi juga telah ditetapkan misi-misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh Desa agar tercapainya visi desa tersebut. Visi berada di atas Misi, sehingga Visi kemudian dijabarkan ke dalam misi agar dapat di operasionalkan/dikerjakan. penyusunan Visi, misipun dalam penyusunannya menggunakan RPJMDes Desa Karangaji Tahun 2014 – 2019 .

Sebagaimana pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi dan kebutuhan Desa Karangaji, sebagaimana proses yang dilakukan maka misi Desa Karangaji adalah :

 

 

  • Meningkatkan Pelayanan Semaksimal mungkin Kepada Masyarakat Desa Karangaji
  • Pemerataan pembangunan fisik dan non fisik untuk masyarakat desa karangaji sehingga tidak terjadi kesenjangan sosial dalam masyarakat
  • Meningkatkan sarana prasarana pendidikan, tempat ibadah dan meningkatkan kegiatan keagamaan guna membentuk pribadi-pribadi yang berakhlaqul karimah
  • Mengembangkan kegiatan cabang olahraga agar tumbuh bakat dan mendapatkan prestasi
  • Menciptakan lingkungan bersih,indah dan tertib sehingga tercipta rasa kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Peningkatan sarana dan prasarana dasar untuk menunjang kesejahteraaan dan meningkatkan pelayanan publik dengan slogan; senyum, cepat dan 
  • Memanpaatkan potensi sumber daya alam yang berwawasan lingkungan.
  • Memberdayakan potensi lembaga keuangan untuk mendorong usaha ekonomi masyarakat.
  • Memberdayakan masyarakat melalui partisipasi aktif dalam pembangunan
  • Mewujudkan lingkungan yang bersih, aman dan tertib